Kamis, 20 Oktober 2011

Pulsaku dicuri si Operator PINTER

Ribut-ribut di TV tentang pengaduan pencurian pulsa oleh beberapa operator di Indonesia ternyata berlaku juga buat aku. Aku baru aja sadar pulsaku dicuri untuk layanan RBT yang jelas-jelas nggak pernah registrasi. Aku pake provider SMART. Untuk para blogger pasti banyak yang pilih SMART untuk modem dengan tarif internetnya yang murah meriah. Dan aku nggak pernah pake tuh pulsa selain untuk internet.
Selama beberapa hari ini, aku nggak pernah cek HP SMART. Baru tadi sore setelah berniat untuk ngeblog, udah banyak banget SMS yang masuk ke inbox. Semua dari operator. Biasanya cuma promosi atau sekedar info. Sampai aku baca SMS dari 2525.
Pertama (12-10-11) "Permintaan anda untuk layanan RBT telah berhasil. PIN anda 111111. Layanan ini akan tersedia dalam waktu 24 jam. Silahkan hubungi 881 untuk bantuan."
(Apa ini? Belum mudeng....).

Kedua (12-10-11) "Selamat! Anda mendapatkan GRATIS RBT Firework (chorus) dari Katty Perry selama 7 hari. Untuk berhenti ketik STOP kirim ke 2525."
(Udah berasa nggak enak).

Setelah itu SMS dari 888 masih pada tgl 12-10-11.
"Produk Anda CRBT sudah diaktifkan."
Untuk yang ini GRATISSSSSSSS, katanya......(makin nggak enak).
Kasusnya pada tanggal 12 Oktober, aku sama sekali nggak buka inbox. Jadi SMS ini jelas terabaikan.

Tanggal 18-10-11 (sudah seminggu) SMS dari 2525.
"RBT Firework (chorus) (9231757) Anda akan diperpanjang selama 7 hari. Untuk berhenti ketik STOP kirim ke 2525. Terimakasih telah berlangganan RBT."

Jelas pulsa SMART aku sudah terpotong sekitar 4.000 an. Sayang aku kurang tahu sisa pulsa terakhir. Yang aku ingat sekitar 9.000 sekian. HEBAT sekali, tanpa ada registrasi dari pemilik nomor tiba-tiba sudah berlangganan RBT yang sama sekali nggak BERMANFAAT/BERGUNA. ALASAN: Nggak pernah ada orang yang telepon ke nomor SMART ku. Jangankan orang lain, aku sendiri aja nggak hafal. HP ini hanya untuk modem.
Tindakanku langsung komplain ke CS si PINTER. Menurut CS, benar telah ada pemotongan pulsa untuk biaya registrasi RBT. Wajarlah kalo aku langsung naik darah. Aku nggak ngerasa registrasi atau perpanjang RBT itu. Dalih si CS, aku nggak ada konfirmasi melalui SMS untuk menghentikan RBT. HAHAA LUCU BGT, kenapa harus customer yang dibikin 'ribet' dengan urusan itu. Bukankah mereka yang memberikan layanan GRATIS terlebih dahulu. Modusnya jelas sekali menjebak customer. Contohnya seperti aku yang beberapa hari nggak mengecek inbox. Kalo ngakunya PINTER dan sesuai prosedur, harusnya SMS seperti "Layanan RBT GRATIS akan dihentikan. Apakah anda ingin melanjutkan layanan RBT ini. Ketik YA kirim ke 2525 jika anda ingin melanjutkan."
Tapi itulah permainan pihak penyedia jasa layanan RBT dan tentunya hasil kerjasama dengan si OPERATOR sendiri untuk menjaring customer yang lengah. Si OPERATOR tentu saja kecipratan untungnya. Hitung sudah berapa banyak customer yang dirugikan. Jangan lihat berapa ribunya, tapi lihat berapa banyak customer yang berhasil dicuri pulsanya. Sudah ratusan juta mungkin bahkan milyaran rupiah yang mengalir ke kantong 'pihak-pihak nakal' itu. 

Hal ini bukan pertama kali terjadi sama aku. Beberapa bulan yang lalu dengan kasus yang sama aku jajan RBT Siluman (abis gak jelas seh, lagi2 tanpa registrasi dan tiba2 sudah ada pemberitahuan perpanjangan RBT). Nggak tanggung-tanggung pulsaku terpotong Rp 9.000. Gondok, pastilah!!!! Tapi waktu itu nasibku lagi mujur banget. Begitu aku terima SMS konfirmasi perpanjangan RBT, aku langsung komplain. Dan Si CS SMART lagi baek hati banget. Setelah meminta layanan diberhentikan, aku minta pulsaku dikembalikan. Ajaib, keesokan harinya pulsaku Rp 9.000 udah balik. NICE, aku pikir SMART layanannya memuaskan. Keluhan customer langsung ditanggapi dengan penyelesaian yang sangat baik.

Nggak disangka, pulsaku kembali dicuri. Kali ini aku lengah. Komplain terlambat. Layanan berbayar mulai berjalan pada tanggal 18 Okt, sedangkan aku komplain baru hari ini tanggal 20 Okt. Dari nada bicara CS nya aja, aku sangsi kalo pulsaku bakal balik (ikhlas gak ikhlas, tapi banyak gak ikhlasnyalah :D)

Sebenarnya kasus pencurian pulsa bukan hal baru, sudah lama banget kasus ini terjadi. Namun baru-baru ini kembali diungkit setelah banyak aksi protes. Dan untunglah ditanggapi dengan baik oleh pihak-pihak terkait. Semoga saja ada tindaklanjutnya dan bukan hanya menjadi wacana atau PR tanpa ada penyelesaian bagi Bapak/ Ibu yang berwenang. Saya sebagai pihak yang juga merasa dirugikan berharap Content Provider yang nakal mohon ditertibkan dan diberlakukan UU yang mengikat baik untuk penyedia content maupun Si Operator sendiri. Dan ingat UU dibuat untuk dipatuhi bukan untuk dilanggar, seperti yang sudah-sudah.


NB: Sinopsis Scent of A Woman Ep. 10 menyusul ya... Sedang tahap pengerjaan neh. Mianhae ya temen2 yang udah nunggu lama. Aku usahain secepatnya.
Thanks

6 komentar:

  1. heuheu,,,
    secara tidak langsung kriminal banget tuh oenni operator" d indnesiaa,,he oknum"..

    di tunggu yaaa scent of a wmant epi 10 dan selanjutnya,,,^^
    hwaiting,,

    BalasHapus
  2. sy lebih sakit ati karena pulsaku di sedot 63.000 katanya si operator sy telah melakukan registrasi 3 content padahal sy sama sekali tdk pernah menerima sms dari nomer 4 angka. tp operator saya telkomsel

    BalasHapus
  3. haha, mungkin CS neng Rieke udah hapal sama suaraku yang selalu protes dan protes.... setiap aku nelpon dia pasti tanya, "saya bicara dengan ibu Lia???..."

    wkwkwk, kalo RBT lumayan gede sekitar 8ato 9ribuan... yang paling kesel pas pulsa 50rb tiba2 kepotong RBT 9rb, jadi tinggal 41rb kan tanggung kalo misal aku ngisi pulsa 5 atau 10 rb cuma biar pas buat langganan inet...

    Btw, DAHULU kala, pas jaman beli pulsa 50rb gratis inet unlimited 14 hari, aku selalu beli pulsa 2 minggu sekali... sampai2 pulsaku ratusan ribu.... suatu ketika gak ada pemberitahuan kalo inet gratis abis, dan dalam 2 hari pulsaku hilang 150rb lebih, ckckckck

    BalasHapus
  4. Ternyata banyak juga yaa yang kena tipu operator. Si PINTER masih berbaik hati. Kemarin aku dapat telepon dari CS nya dan tadaaa pulsaku dikembalikan. Bersyukur masih ada Operator yang menanggapi keluhan pelanggan dengan baik. Biasanya mereka hanya mengulur-ulur waktu sampai pelanggan bosan sendiri dan akhirnya memilih IKHLASSSS.

    @Ai: Haha, itu seh keteledoran sendiri. Aku juga pernah ngalamin. Setelah promosi gratis unlimited 14 hari hilang dan diganti dengan gratis kuota (lupa dapet berapa). Karna keasyikan donlot sampai lupa kalo kuotanya udah habis dan pulsa 50rb langsung ludes dalam sekejap. Padahal 10 menit sebelumnya aku sempet cek pulsa dan masih utuh. Ckckck... kesel, nyesel, pengen nangis dan sempet ngomel2 sama CS. Setelah itu gratis kuota selalu terabaikan. Mending langsung registrasi daripada kejadian lagi.

    BalasHapus
  5. kalo aku karena pake operator indosat yang ada paket smsnya, jadi jarang beli pulsa telepon,haha..
    kalo mau nelpon pake telpon kantor,hihi parah..
    atau baru beli pulsa kalo udah mendadak harus nelpon :p

    BalasHapus
  6. semakin parah saja nih provider semakin banyak konten konten yg suka sedot pulsa..

    BalasHapus

Comment